Kamis 18 Juli 2024
 Beranda / Kegiatan / Berita & Informasi
Revitalisasi Bahasa Melayu di Kota Tanjungpinang
Jumat, 5 Juli 2024

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau kembali menggelar Bimbingan Teknis Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Melayu di Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari di Hotel CK pada 2 hingga 5 Juli 2024. Kota Tanjungpinang menjadi kota terakhir di Provinsi Kepulauan Riau yang melaksanakan kegiatan ini. Bimbingan teknis ini diikuti oleh 43 peserta yang terdiri atas 26 guru SD dan 17 guru SMP.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau, Rahmat, S.Ag., M.Hum. pada Selasa, 2 Juli 2024. Dalam pembukaan tersebut, Rahmat mengatakan bahwa program ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antara Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk bersama-sama melestarikan bahasa dan sastra Melayu.
Kegiatan bimtek ini menghadirkan tujuh narasumber, baik dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau maupun dari kalangan praktisi. Ketujuh narasumber tersebut adalah (1) Rahmat, S.Ag., M.Hum., (2) Raja Suzana Fitri, (3) Afitri Susanti, (4) Fatih Muftih, (5) Priyo Joko Purnomo, (6) Sri Wahyuni, dan (7) M. Febriyadi.
Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan dan mengimbaskan materi yang diperoleh selama kegiatan; mampu menyusun strategi dan metode pembelajaran bahasa Melayu di sekolah dan komunitas; serta mampu menyusun modul pembelajaran bahasa Melayu di setiap jenjang SD dan SMP.